PATAGA TAKLUKKAN GUNUNG ARJUNO

Selasa, 12 April 2016 14:20:14 - oleh : Jumani

PATAGA Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Taklukkan Gunung Arjuno.

Gunung ArjunoAnda suka menaklukkan puncak-puncak gunung? Salah satu gunung yang wajib dimasukkan ke dalam daftar pendakian Anda adalah Gunung Arjuno Welirang yang terletak di Batu Malang, Jawa Timur. Daerah lokasi gunung Arjuno dan gunung Welirang masuk di dalam kawasan Kota Batu Malang dan Kabupaten Pasuruan. Gunung Arjuno-Welirang berada di dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soeryo.

Gunung Arjuno banyak menyimpan misteri karena sangat erat kaitannya dengan kerajaan Majapahit dan di lereng-lerengnya dapat ditemui arca dan candi-candi bersejarah peninggalan kerajaan yang didirikan oleh Raja Wijaya tersebut. Sama halnya dengan Gunung Penanggungan yang terletak tidak jauh dari Gunung Arjuno, di lereng kedua gunung tersebut banyak ditemui tempat pemujaan dan situs-situs bersejarah yang bertebaran mulai dari kaki gunung hingga ke puncaknya.

Situs-situs bersejarah tersebut hanya dapat ditemui melalui jalur Purwosari, tepatnya berlokasi di Desa Tambak Watu, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Suasana yang penuh mistis masih menyelimuti daerah tersebut karena pada saat moment-moment tertentu banyak para peziarah yang datang mengunjungi situs tersebut, terutama para penganut aliran kejawen.

Terdapat beberapa rangkai puncak di sekitar Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, diantaranya adalah: Gunung Arjuno (3.339 mdpl), Gunung Welirang (3.156 mdpl), Gunung Kembar 1 (3.051 mdpl), Gunung Kembar 2 (3.126 mdpl) dan Gunung Ringgit (2.477 mdpl).

Untuk menaklukkan puncak gunung Arjuno yang berketinggian 3.339 mDPL kita bisa memilih beberapa jalur yang sudah ada yaitu Jalur Tretes, Jalur Purwosari, Jalur Lawang dan Jalur Kota Batu. Setiap lintasan jalur tersebut memiliki ciri khasnya tersendiri. Rintangan di setiap jalur tersebut juga berbeda-beda. Berikut dibawah ini kami jelaskan panduan tuntas jalur pendakian gunung arjuno dan gunung welirang secara lengkap. (NST)

 

kirim | cetak | pdf

Berita "Berita Terkini" Lainnya