Pedoman Penulisan

 

Pedoman Penulisan Doc.

Pedoman Penulisan Pdf.

 

PETUNJUK PENULISAN NASKAH JURNAL ILMU PERTANIAN DAN KEHUTANAN (AGRIFOR)

 

1.

 

Penulis bertanggung jawab terhadap perbaikan (salah ketik, ejaan, istilah, dsb) yang disarankan oleh Dewan Redaksi dan naskah hanya diterbitkan setelah penulis mengirimkan kembali naskah hasil perbaikan (dalam bentuk print out , E-mail dan CD) paling lambat 2 minggu sebelum jadwal terbit dan diterima oleh Dewan Redaksi.

 

2.

 

Panjang tulisan tidak melebihi 15 halaman naskah dengan spasi dua termasuk tabel dan gambar serta lampiran dalam kertas ukuran A4 (210 x 297 mm).

 

3.

 

Penyajian tulisan diusahakan mengikuti urutan sebagai berikut:

 

 

a.

Judul:

Judul harus informatif (terdiri dari tidak lebih dari 14 kata) dan penulis menyertakan departemen dan lembaga tempat studi dilakukan, identitas atau profesi, nomor fax dan alamat e-mail (lengkap dengan kode pos), alamat serta instansinya dari penulis yang bersangkutan.

 

 

b.

Abstrak dan Kata Kunci:

Memuat secara ringkas latar belakang penelitian, tujuan penelitian, metode penelitian yang digunakan dan kesimpulan. Berikan satu atau dua kalimat  untuk membahas temuan. Abstrak dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak melebihi 200 kata-kata yang tidak memiliki referensi dan diikuti oleh kata kunci (tidak lebih dari lima kata atau frase disusun menurut abjad dengan huruf kapital pada awal kata).

 

 

c.

Pendahuluan:

Mengandung latar belakang yang mendasari penelitian dan menyebutkan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan, tujuan penelitian, kerangka dan pustaka secara ringkas, serta pendekatan yang digunakan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Penulis pustaka menggunakan Nama dan tahun.

 

 

d.

Bahan dan Metode:

Menggambarkan secara rinci dan jelas tetapi ringkas mengenai lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian dan bahan-bahan yang digunakan.Metode yang digunakan ditulis dengan jelas dan sistematis, termasuk tentang rancangan statistik atau penelitian. Hal ini memungkinkan peneliti lain yang akan meneliti ulang dengan kajian yang lebih luas dapat melakukan dengan cara yang relatif sama.

 

 

e.

Hasil dan Pembahasan:

Hasil harus jelas dan ringkas. Jangan menyajikan data yang sama di kedua tabel dan format grafik dan gambar, harus dinomori serta dijelaskan dalam teks. Judul tabel ditulis dalam bahasa Indonesia dan diletakkan di atas tabel, sedangkan untuk grafik dan gambar diletakkan di bawahnya. Pembahasan disusun dengan menonjolkan hasil penelitian secara luas yang mendapat perhatian, menjelaskan artinya, membandingkan dengan hasil penelitian lain untuk memberikan arah bagi penelitian lebih lanjut.

 

 

f.

Kesimpulan:

Kesimpulan utama dari penelitian dapat disajikan dalam bagian Kesimpulan pendek, yang dapat berdiri sendiri atau bentuk subbagian dari bagian Hasil dan Pembahasan serta tidak bernomor melainkan berupa paragraf.

 

 

g.

Ucapan Terima Kasih:

Ucapan terima kasih merupakan daftar orang-orang yang menyediakan bantuan selama penelitian (misalnya, memberikan bantuan bahasa, bantuan menulis atau bukti membaca artikel tersebut, sumber hibah, dll) jika ada.

 

 

h.

Daftar Pustaka:

Daftar pustaka adalah semua publikasi selama 10 tahun terakhir baik berupa buku teks, jurnal dan lainnya. Daftar pustaka 80% adalah jurnal ilmiah dan tidak anonim. Disusun berdasarkan abjad nama pengarang, menyebutkan judul, penerbit, kota, volume,nomor publikasi. Setiap Pustaka yang digunakan harus muncul dalam teks.

Penulisan pustaka menggunakan sistem penulisan artikel yang berlaku internasional (nama belakang sebagai entry), terlepas apakah merupakan nama marga atau bukan.

 

4.

 

Contoh kutipan referensi adalah sebagai berikut:

 

 

 

  • Di dalam teks, pustaka harus ditulis sebagai berikut :

-          Dua penulis :

     Steel,R.G.D. and J.H.Torrie. (1991 ) atau (Steel,R.G.D. and              J.H.Torrie,1991).

-          Tiga penulis atau lebih :

      Hakim, N.,dkk.(1986) atau (Hakim, N., dkk.,1986).

      Gunakan dkk.untuk pustaka berbahasa Indonesia dan et al. untuk

       pustaka    berbahasa asing.

-          Jika referensi memiliki tahun yang sama, tempatkan sesuai urutan abjad.

-          Untuk karya oleh penulis yang sama tahun sama, tambahkan sebuah huruf kecil a, b, c,  dengan tahun publikasi.

  • Untuk pustaka dari buku,judul buku semua huruf awalnya kapital :

Prihmantoro,  H.1999. Memupuk Tanaman Sayur.Penebar Swadaya,        Jakarta.69 hlm.

      Rinsema,W.T.  1983. Pupuk dan Cara Pemupukan. Bharata Karya           Aksara, Jakarta.256 hlm.    

  • Bab dari satu buku/artikel dalam prosiding,hanya hurup awalnya kapital :

      Basa, I.,dkk.1992. Bahan organik untuk stabilitas produksi tanaman   pangan pada lahan kering podsolik. Prosiding Seminar Balitan Bogor Hlm 5-13.

  • Artikel jurnal/majalah,hanya huruf awal dan nama diri saja yang kapital :

      Yang,Y-K; S-O Kim; H-S Chung;and Y-H Lee.2000. Use of Colletotrichum gramini-cola KA001 to control barnyard grass.Plant dis.84:55-59.

  • Pustaka yang diakses dari internet :

      Malik, VS and MK Saroha.1999. Marker gene controversy in transgenic plants . USDA-APHIS internet site and J. Plant Biochemistry & Biotechnology 8:1-3. Available online at: http://www.agbios.com/articles/2000186-A.htm(diakses 22 Oktober 2002 ).

 

5.

 

Penyampaian naskah

Naskah dikirim (tiga hard copy dengan file dalam CD) dapat disampaikan melalui e-mail (agrifor_untagsmd@gmail.com). Untuk softcopy, dan hard copy harus dikirim melalui pos biasa. Setelah naskah diterima, penulis akan diinformasikan "tanggal saat naskah diterima" dan "nomor register" naskah.

 

6.

 

Bukti

Bukti akan dikirim ke penulis sesuai seperti yang diberikan pada halaman judul naskah. Bukti akan dikirim melalui e-mail sebagai file PDF. Naskah akan dikoreksi, tidak ada perubahan, atau penambahan, jika diedit naskah akan dimintakan izin ke penulis. Agrifor akan melakukan koreksi artikel dan diterbitkan secepat dan seakurat mungkin sesuai dengan jadwal penerbitan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa semua koreksi Anda dikirim kembali kepada kami baik lewat e-mail maupun pos.

 

7.

 

Setiap naskah artikel hasil penelitian yang diterima/diterbitkan akan dikenakan kontribusi biaya editing, cetak sebesar Rp.100.000 dan ongkos kirim disesuaikan dengan tujuan alamat penulis untuk setiap judul artikel.

 

8.

 

Setiap penulis yang artikelnya diterima/diterbitkan, akan diberikan 1 (satu) buah Jurnal Agrifor.

 

9.

 

Harga per eksemplar Jurnal agrifor adalah Rp.35.000 (termasuk biaya kirim ke luar KALTIM ).Biaya langganan untuk 1 Tahun (2 nomor)sebesar Rp.70.000 harus dibayar dimuka. Pembayaran dapat dilakukan pada Redaksi atau ditransfer ke Rekening  Bank Mandiri Cabang Kesuma Bangsa Samarinda An.Dwi Ery Mujahiddin, dengan nomor rekening 148-0183262.