Arti Lambang / Bendera

Lambang Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

 


 



  • Segi lima dengan warna hitam melambangkan 5 (lima) sila Pancasila.
 
  • Pohon beringin hijau menunjukkan kebangsaan, pengayoman dan pelindung.
 
  • Burung hantu hitam putih melambangkan ilmu pengetahuan.
 
  • Buku dengan warna putih menunjukkan wadah dan penyebar ilmu.
 
  • Obor dengan warna api melambangkan penerangan, penyuluh, semangat yang tak kunjung padam.

 

 


 

Bendera Universitas

Bendera Universitas berwarna putih berukuran 200 cm x 120 cm berisi lambang Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda yang melambangkan kejayaan dan keluhuran budi serta kesucian dalam menyelenggarakan pendidikan.

Bendera Fakultas Hukum

Bendera Fakultas Hukum berwarna merah tua berukuran 180 cm x 120 cm berisi lambang Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda yang melambangkan kejayaan dan keluhuran budi serta kesucian dalam menyelenggarakan pendidikan.

 

Bendera Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Bendera Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berwarna oranye berukuran 180 cm x 120 cm berisi lambang Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, hijau yang berarti keberanian dan kesucian dalam rangka ikut serta menyelenggarakan sistem sosial politik dalam lingkup kebangsaan Indonesia.

 

Bendera Fakultas Ekonomi

Bendera Fakultas Ekonomi berwarna abu-abu berukuran 180 cm x 120 cm berisi lambang Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, sebagai lambang kesungguhan dan ketangguhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia guna mengelola sumber alam karunia Tuhan bagi kesejahteraan umat manusia.

 

Bendera Fakultas Teknik

Bendera Fakultas Teknik berwarna biru tua berukuran 180 cm x 120 cm berisi lambang Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.  Biru tua melambangkan kekuatan kesungguhan guna mengelola sumber daya manusia untuk kesejahteraan bangsa masa depan.

Bendera Fakultas Pertanian

Bendera Fakultas Pertanian berwarna hijau berukuran 180 cm x  120 cm berisi lambang Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda melambangkan kesungguhan guna mengelola sumber daya pertanian.

Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda mempunyai Hymne dan Mars Universitas yang ditetapkan sebagai lagu wajib yang dinyanyikan pada upacara-upacara resmi Universitas. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda memiliki busana akademik sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang dikenakan oleh Pimpinan Universitas, anggota-anggota Senat Universitas/Guru Besar dan Wisudawan pada acara resmi Universitas.

Selain busana akademik, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda memiliki jaket almamater berwarna merah dengan lambang Universitas di dada sebelah kiri dan lambang merah putih kecil sebelah kanan.