Forum Diskusi

Forum/Topic : Teknologi Informasi di Kalimantan Timur / Teknologi Kecerdasan Buatan
AuthorPost
Rosyanidate.png Sabtu, 14 Desember 2019 09:43:54 

post : 1 (5.88%)
Join : 14/12/2019
Teknologi Kecerdasan Buatan atau sering dikenal dengan istilah artificial intelligence sudah sangat marak dimana-mana. Semua instansi dan raksasa perusahaan besar berlomba-lomba menciptakan produknya yang syarat dengan artificial intelligence (AI) tersebut.

Secara umum AI ini bisa sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, mempermudah proses suatu pekerjaan dan lainnya. Meskipun AI digadang-gadang akan mencakup segala aspek aktifitas namun faktanya tidak semudah itu. Ada banyak hal harus dipersiapkan sebelum benar-benar menerapkan AI.

Untuk kendaraan misalnya, AI memang sudah mulai ramai seperti contoh misalnya mengendarai mobil tanpa ada supir. Tapi tetap saja orang pasti belum siap dengan hal ini, belum lagi faktor infrastruktur yang mendukungnya dan yang pasti management resourcenya belum banyak.

Hal yang paling mungkin bisa diterapkan untuk AI adalah informasi teknologi seperti perangkat komputer, internet dan aplikasi. Google yang merupakan perusahaan raksasa dari Amerika dan menguasai lebih dari 70 % pasar penggunaan mesin pencari, sangat antusias dan selalu updated perkembangan teknologi artificial intelligence tersebut.

Dari hasil pengembangan AI oleh Google maka tentu semua produknyamulai diintegrasikan kedalam teknologi Ai nya itu. Seperti periklanan mereka, database indexing mesin pencari yang sudah pasti juga akan berpengaruh dengan produk utamanya yaitu mesin pencari.

Jika sudah bicara mesin pencari maka ada 2 hal yang sudah pasti tidak bisa dipisahkan yaitu iklan pencarian dan hasil index pencarian secara organik. Dalam segi optimasi website di hasil pencarian pun mereka selalu mengedepankan AI dan ini mempengaruhi dalam hal peringkat di halaman mesin pencari.

Optimasi web yang sering kita kenal dengan SEO semakin berkembang dan tidak bisa lagi mengandalkan teknik seperti dulu. Untuk bahasa lokal setiap negara, google juga sudah memahaminya mana yang natural mana yang hasil spin tidak human friendly. Efeknya tentu optimasi SEO harus senatural mungkin agar tidak mudah kena penalty pastinya.

Balik lagi ke AI, apakah AI ini selalu berguna? jawaban cepatnya mungkin IYA. Tapi ada hal yang sangat di khawatirkan oleh sebagian besar orang bahwa AI ini dikembangkan untuk keperluan senjata dan perang. Hal itulah yang sangat mungkin dan cukup mengkhawatirkan.

Mudah-mudahan AI tidak menggerus keberadaan tenaga kerja manusia, karena bagaimanapun AI tidak bisa sesempurna manusia terutama dari sisi perasaan dan pastinya, manusia semaki banyak tapi jika AI menggerus keberadaannya tentu akan membuat efek buruk bagi tatanan ketenaga kerjaan dalam suatu wilayah.